Kalkulator grafik adalah kalkulator canggih yang memungkinkan pengguna untuk membuat grafik persamaan selain melakukan fungsi perhitungan kalkulator ilmiah. Mereka paling sering digunakan di kelas matematika tingkat atas, seperti trigonometri dan kalkulus, tetapi mereka juga diperlukan untuk beberapa kursus sains tingkat lanjut. Sekolah umum sering menyediakan kalkulator ini untuk digunakan siswa, tetapi seringkali lebih nyaman bagi siswa untuk membeli sendiri.
Banyak kalkulator genggam dilengkapi dengan alat untuk fungsi trigonometri.
Fitur yang paling menonjol dari kalkulator grafik adalah layar LCD-nya. Ini memungkinkan kalkulator untuk menampilkan grafik, tetapi juga berfungsi sebagai layar untuk semua fungsi lainnya. Ini memungkinkan pengguna melacak perhitungannya dan menemukan kesalahan potensial lebih baik daripada kalkulator lain karena dia dapat melihat semua angka yang dia masukkan.
Kalkulator grafik memungkinkan pengguna mengetikkan persamaan apa pun dan melihatnya dalam grafik pada sumbu x,y. Pengguna dapat memasukkan beberapa persamaan dan menggunakan grafik untuk menentukan koordinat seperti titik potong. Dalam kebanyakan kasus, dia dapat mengatur ukuran grafiknya dan memperbesar dan memperkecil untuk memperluasnya melampaui batas selembar kertas grafik. Kalkulator juga memungkinkan siswa untuk membuat grafik persamaan yang terlalu sulit dan memakan waktu untuk dibuat dengan tangan.
Dengan lampiran layar khusus dan proyektor overhead, seorang guru dapat menampilkan layar kalkulatornya ke seluruh kelas. Ini memberikan perangkat keuntungan yang berbeda dibandingkan jenis kalkulator lainnya ketika digunakan untuk menjelaskan operasi baru kepada siswa.
Kalkulator grafik biasanya dapat dihubungkan ke kalkulator lain atau komputer untuk mentransfer data, seperti program dan persamaan. Tidak seperti kalkulator lain, ia memiliki memori yang memungkinkannya untuk menyimpan program dan persamaan ini.
Beberapa siswa bahkan akan menggunakan kalkulator ini untuk bermain game. Fungsi yang sama yang memungkinkan pengguna membuat dan berbagi program matematika juga memungkinkan program hiburan sederhana.