Apa Itu Mesin Game?

Apa Itu Mesin Game?

Mesin permainan mengacu pada lingkungan pengembangan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk pembuatan video game. Ini berisi perpustakaan inti fungsi yang digunakan dalam game, namun ada secara independen dari konten game tertentu. Aset yang membuat game unik, seperti tema dan karakter, membentuk konten. Mesin game digunakan untuk mengontrol bagaimana aset berinteraksi untuk menghidupkan game. Hal ini dicapai melalui seperangkat komponen yang dapat digunakan kembali yang dapat berfungsi sebagai mesin untuk game dari beragam genre dan gaya.

Mesin game adalah apa yang membuat video game dapat dimainkan.

Peran mesin gim adalah melakukan semua pekerjaan berat di belakang layar yang membuat gim video apa pun dapat dimainkan. Komponen utama termasuk mesin rendering grafis, mesin fisika dan deteksi tabrakan. Mesin rendering menghasilkan gambar dua atau tiga dimensi dari file adegan, yang mendefinisikan unsur seperti sudut pandang, pencahayaan, dan tekstur. Mesin fisika memperkirakan gerakan dunia nyata dengan cara yang akrab bagi pemain, tetapi juga bermakna dalam konteks permainan. Deteksi tabrakan melibatkan bagaimana game mendeteksi, menampilkan, dan bereaksi terhadap perpotongan dua atau lebih objek yang dirender.

Sumber daya lain, seperti kemampuan jaringan, kecerdasan buatan, dan pembuatan suara sering kali juga merupakan komponen dari mesin permainan. Biasanya, komponen tersedia untuk pengembang melalui lingkungan pengembangan terintegrasi visual (IDE) yang menyederhanakan pembuatan game. File pemandangan dapat dibuat prototipe dan diuji dengan mesin rendering tanpa meninggalkan IDE, misalnya. Pendekatan seperti itu juga mendorong penggunaan kembali komponen, yang membuat proses pembuatan lebih sederhana dan efisien.

Kebanyakan mesin game awal adalah desain eksklusif, dikembangkan untuk digunakan dalam membuat satu game. Fleksibilitas yang diberikan dengan memilih komponen yang disukai dan membangun antarmuka khusus sangat dihargai. Pendekatan seperti itu memberi pengembang banyak kendali atas tampilan dan nuansa game, tetapi sangat memperpanjang siklus pengembangan. Kendala biaya biasanya melarang penggunaan mesin permainan berpemilik di sebagian besar proyek.

Tersedia suite pengembangan game yang lengkap dan siap pakai yang menyediakan semua fungsionalitas desain berpemilik. Banyak yang merupakan produk komersial, tetapi mesin game open source dengan kualitas yang sebanding tidak sulit ditemukan. Ini terbuka untuk penyesuaian kode untuk mengakomodasi gaya atau alat pemrograman favorit. Pembuat game mungkin tidak memiliki fleksibilitas mesin berpemilik, tetapi waktu dan uang yang dihemat dalam pengembangan biasanya jauh lebih besar daripada hilangnya kebebasan gaya.